Like if u like,,,,

3 Nov 2010

Sleman  (ANTARA News) - Dua relawan asal Jepang, Hirohito Suzuki dan Keisuke Hitano, mengajak anak-anak bermain rugbi di barak pengungsian bencana Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin.

"Kedatangan relawan Jepang tersebut memiliki nilai positif bagi upaya pemulihan kondisi mental bagi para korban erupsi Gunung Merapi khususnya usia anak-anak," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Wasita, saat mendampingi kedua relawan Jepang di barak pengungsian Purwobinangun dan Hargobinangun Pakem.

Menurut dia, dua relawan tersebut berasal dari "Hitachi Corporation" dan "Japan Travel Agent" yang sengaja datang ke Yogyakarta untuk membaur sekaligus menghibur masyarakat korban bencana Gunung Merapi, khususnya anak-anak sekolah.

"Kedatangan ke Yogyakarta kali ini adalah untuk yang ke lima kalinya setelah sebelumnya membaur dan memberikan pelajaran permainan rugbi bagi anak-anak korban gempa 2006," katanya.

Hirohito mengatakan, dirinya sangat senang membaur dengan masyarakat Yogyakarta yang memiliki modal sosial yang tinggi berupa "kegotong-royongan", ini sesuai dengan filosofi permainan rugbi, yaitu "satu untuk semua, dan semua untuk satu" yang intinya adalah semangat kebersamaan.

"Kami berharap permainan yang meskipun sangat sederhana dapat menghibur dan mengurangi beban anak-anak," katanya.

Fikri, siswa kelas V SD Kaliurang II, mengatakan, ia merasa senang dengan permainan rugbi yang diajarkan Hirohito dan Keisuke setelah sebelumnya merasa sedih dan gundah akibat letusan Gunung Merapi dan harus tinggal di barak pengungsian.

Marjuki, guru SD Kaliurang II, mengatakan, sebagai guru pihaknya senang dengan kegiatan yang dilakukan relawan tersebut.

"Paling tidak mereka dapat mengenalkan salah satu olahraga yang belum banyak dikenal para siswa. Di samping dapat memberikan hiburan kepada para siswa, mereka dapat menumbuhkan semangat yang baru bagi anak-anak dan bukannya menyerah terhadap kondisi yang sedang dialaminya," katanya.

http://www.antaranews.com/berita/1288600499/relawan-jepang-hibur-anak-anak-pengungsi-merapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar