Like if u like,,,,

4 Nov 2010

Pengertian Inquiry

Salah satu metode mengajar yang sangat kontruktivistik adalah metode inquiry (penyelidikan). Dalam metode ini siswa sungguh dilibatkan untuk aktif berpikir dan menemukan pengertian yang ingin diketahuinya. Dalam metode pembelajaran ini siswa dilibatkan dalam proses penemuan melalui pengumpulan data dan tes hipotesis.
Secara umum Inquiry adalah proses dimana para saintis mengajukan pertanyaan tentang alam dunia ini dan bagaimana mereka secara sistematis mencari jawabnya (Trowbridge dan Bybee, 1996). Welch mendefinisikan Inquiry sebagai proses dimana manusia mencari informasi atau pengertian, maka sering disebut a way of thought.

Kindsvatter, Wilen, dan Ishler (1996) lebih menjelaskan Inquiry sebagai model pengajaran dimana guru melibatkan kemampuan berpikir kritis siswa untuk menganalisis dan memecahkan persoalan secara sistematik. Yang utama dari metode Inquiry adalah menggunakan pendekatan induktif dalam menemukan pengetahuan dan berpusat kepada keaktifan siswa. Jadi bukan pembelajaran yang berpusat pada guru, melainkan kepada siswa. Itulah sebabnya pendekatan ini sangat dekat dengan prinsip kontruktivis, dimana pengetahuan itu dikonstruksi oleh siswa. Yang pantas dicatat dari metode ini adalah isi dan proses penyelidikan diajarkan bersama dalam waktu yang bersamaan. Siswa melalui proses penyelidikan akhirnya sampai kepada isi pengetahuan itu sendiri.
Meski para ahli menjelaskan secara berbeda – beda model Inquiry, tetapi secara sederhana dapat dijelaskan sebagai model pengajaran yang menggunakan proses berikut (Kindsvatter, Wilen, dan Ishler, 1996:259):

• Identifikasi persoalan
• Membuat hipotesis
• Mengumpulkan data
• Menganalisis data
• Mengambil kesimpulan

Dari langkah – langkah diatas nampak jelas bahwa model Inquiry ini menggunakan prinsip metode ilmiah atau saintifik dalam menemukan suatu prinsip, hukum, ataupun teori. Secara umum metode ilmiah itu punya langkah seperti : merumuskan persoalan, membuat hipotesis, melakukan percobaan untuk mengumpulkan data, menganalisis data yang diperoleh, dan mengambil kesimpulan apakah hipotesis diterima atau ditolak. Proses di atas adalah proses pendekatan induktif, yaitu dari pengalaman lapangan untuk mencari generalisasi dan konsep umum.

2 komentar: