Like if u like,,,,

4 Nov 2010

Macam – macam Inquiry

Kindsvatter dkk membedakan antara dua macam Inquiry. Perbedaan itu lebih ditandai dengan seberapa besar campur tangan guru dalam penyelidikan tersebut.

a. Guided Inquiry (Penyelidikan Terarah)
Inquiry yang terarah adalah inquiry yang banyak dicampuri oleh guru. Guru banyak mengarahkan dan memberikan petunjuk baik lewat prosedur yang lengkap dan pertanyaan – pertanyaan pengarahan selama proses inquiry. Bahkan guru sudah punya jawaban sebelumnya, sehingga siswa tidak begitu bebas mengembangkan gagasan dan idenya. Guru memberikan persoalan dan siswa disuruh memecahkan persoalan itu dengan prosedur yang tertentu yang diarahkan oleh guru. Guru banyak memberikan pertanyaan di sela – sela proses, sehingga kesimpulan lebih cepat dan mudah diambil. Dengan model yang terarah seperti ini maka kesimpulan akan selalu benar dan sesuai dengan kehendak guru. Model Inquiry terarah ini lebih cocok untuk awal semester dimana siswa belum biasa melakukan inquiry. Dengan model tersebut siswa tidak mudah bingung dan tidak akan gagal karena guru terlibat penuh.
Contoh : guru sudah menyediakan alat – alat untuk mempelajari gerak dan siswa diminta untuk menyelidiki gerak suatu benda dengan cara tertentu.

b. Open Inquiry (Inquiry terbuka, bebas)
Disini siswa diberi kebebasan dan inisiatif untuk memikirkan bagaimana akan memecahkan persoalan yang dihadapi. Siswa sendiri berpikir, menentukan hipotesis, lalu menentukan peralatan yang akan digunakan, merangkainya, dan mengumpulkan data sendiri. Disini siswa lebih bertanggung jawab, lebih mandiri, dan guru tidak banyak campur. Guru sungguh hanya sebagai fasilitator, membantu sejauh diminta oleh siswa. Model Inquiry bebas ini dapat dilakukan dalam kelompok, tetapi juga secara individual.
Contoh pertanyaan Inquiry bebas : kamu telah selesai belajar cahaya, panas, radiasi, dll. Persoalan apa yang ingin anda teliti selanjutnya? Mengapa? Dan bagaimana?


Syarat agar Inquiry dapat berjalan baik
Suchman dalam Trowbridge et.al. (1996:179) menjelaskan beberapa syarat agar terjadi Inquiry yang baik, yaitu :
• Kebebasan : perlu ada kebebasan siswa untuk menemukan dan mencari informasi.
• Lingkungan atau suasana yang responsif : ada laboratorium, komputer, kelas, pustaka, dan sarana yang mendukung terjadinya proses inquiry.
• Focus : persoalan yang mau dialami harus jelas arahnya, dan dapat dipecahkan siswa. Dalam inquiry yang terarahpersoalan memang harus sangat jelas. Bila muncul banyak persoalan yang diajukan oleh siswa dengan melihat gejala yang ada, dapat dipilih salah satu yang terpenting dan soal itu memang mungkin dipecahkan oleh siswa. Sedangkan untuk inquiry yang bebas, persoalan tidak perlu terarah dan tidak perlu hanya diambil satu. Biarlah tiap kelompok siswa menentukan persoalannya sendiri.
• Low pressure : tidak banyak tekanan dari siapa dan menapun sehingga siswa dapat lebih berpikir kreatif dan kritis.



Unsur Penting Yang Harus Diperhatikan dalam Model Inquiry
Beberapa unsur berikut perlu diperhatikan secara sungguh – sungguh agar metode inquiry yang direncanakan dapat berjalan lancar dan mendukung pembelajaran siswa (Trowbridge dan Bybee, hal 180) :
• Persoalan : harus real atau nyata, punya arti bagi siswa dan dapat diteliti oleh siswa. Jadi, bukan persoalan yang sangat abstrak dan tinggi sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan.
• Informasi tentang latar belakang menjadi penting : buku, bacaan, yang diperlukan.
• Material : alat alat yang diperlukan perlu disediakan, sehingga siswa tidak bingung mencari.
• Pertanyaan mengarah : perlu disiapkan guru agar siswa terfokus.
• Hipotesis siswa perlu dilihat oleh guru dan dimengerti maksudnya oleh siswa lain.
• Data perlu dikumpulkan dengan baik oleh siswa.
• Pengambilan kesimpulan perlu diperhatikan apakah logis atau tidak, tepat, atau tidak. Siswa perlu di bantu untuk dapat mengambil kesimpulan bagi diri mereka sendiri.
• LKS (lembar Kerja Siswa) dapat disiapkan untuk membantu siswa dalam proses Inquiry, sehingga proses berjalan dengan efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar