Like if u like,,,,

31 Okt 2010

Asah Kecerdasan Siswa dengan "Ekskul"!


Ilustrasi: "Kalau ada anak yang tidak pandai dalam mata pelajaran, bukan berarti dia juga bodoh dalam hal lain. Dengan ekstrakulikuler ini kita bisa menggali bakat terpendam anak," ujar Alex, ditemui di kantornya, Senin (13/7).

JAKARTA, KOMPAS.com — Manusia dianugerahi dengan otak kiri dan kanan. Oleh karena itu, kecerdasan anak tidak hanya dapat dilatih dengan cara belajar di kelas. Kecerdasan juga bisa diasah melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
Demikian hal itu dikatakan oleh Alex Djumidi, Kepala Sekolah SDN 02 Pagi Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Dengan memegang prinsip itu, sejak beberapa tahun yang lalu Alex rajin menggalakkan ekstrakurikuler di sekolahnya.
"Kalau ada anak yang tidak pandai dalam mata pelajaran, bukan berarti dia juga bodoh dalam hal lain. Dengan ekstrakurikuler ini kita bisa menggali bakat terpendam anak," ujar Alex, ditemui di kantornya, Senin (13/7).
Saat ini, SDN 02 Pagi mempunyai berbagai ekstrakurikuler, seperti menari, bernyanyi, kasidah, mengaji, dan sains. Tenaga pengajar ekskul diambil dari tenaga luar. Kebanyakan dari mereka berasal dari kenalan para guru ataupun wali murid.
Para murid pun dengan senang hati mengikuti ekskul tersebut. Setiap Jumat sore dan Sabtu mereka antusias mengikuti berbagai kegiatan tambahan itu.
Usaha Alex rupanya tak sia-sia. Murid-murid kesayangannya sering kali memenangkan lomba di berbagai ajang. Belum lama ini murid-muridnya berhasil merebut juara II Lomba Mengarang dan Bercerita Tingkat Nasional.
"Baru-baru ini kami juga memenangkan lomba tari dan lomba vokal, serta lomba sains tingkat nasional dan kotamadya," jelas Alex. Di ruangan kerjanya itu, piala-piala kemenangan tersebut tampak memenuhi dua buah lemari.
Selain itu, prestasi murid-murid sekolahnya itu juga semakin diakui. Sejak 2007 silam, sekolah tersebut menjadi Sekolah Standar Nasional. Selain itu, pada 2008/2009 lalu, nilai ujian akhir SDN 02 Pagi Lebak Bulus menduduki rangking lima dari 49 SD yang ada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.
"Semua itu membuktikan usaha yang kita lakukan tidak sia-sia, prestasi kita mulai diakui," tandas.

http://edukasi.kompas.com/read/2009/07/13/18172214/Asah.Kecerdasan.Siswa.dengan..quot.Ekskul.quot...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar