Like if u like,,,,

13 Okt 2010

Hikayat Sang Elang

Disebutlah elang, unggas dimuka bumi yang paling bisa bertahan lama hidup, elang dapat hidup lebih dari 70 tahun, tetapi untuk dapat hidup mencapai lebih 70 tahun elang harus membuat sebuah keputusan di dalam 1/3 awal paruh hidupnya, kira-kira diumur 23 tahun.
Ketika elang berumur 23 tahun cakar mudanya tidak lagi bisa mencengkram erat disaat tubuhnya yang mulai membesar, paruh mudanya yang kecil tidak efisisen lagi karena ia harus makan lebih banyak, bulu mudanya yang tipis tidak dapat lagi digunakan untuk menghangatkanya dan sayap mudanya tidak lagi dapat digunakan untuk terbang lebih lama, padahal ia harus terjaga diketinggian untuk terus dapat hidup karena ia sudah tidak mendapat hak di dalam keluarganya dan ia harus hidup mandiri.
Pada saat inilah elang dihadapkan dua pilihan, mati karena tidak bisa mempertahankan hidup atau tetap hidup dengan serangkaian tranformasi tubuh dan pikiran yang membuat kesakitan seluruh badan dan pikiranya. Suatu transformasi yang panjang selama 150 hari.
Untuk bertransformasi elang harus berusaha keras terbang mencapai tebing tertinggi dan membuat sarang dengan paruhnya yang kecil disana. Ia harus tinggal disana selama proses transformasi berlangsung. Pertama ia harus mematukan paruhnya kebatu tebing agar terlepas dari mulutnya kemudian ia terdiam menunggu paruh barunya tumbuh, dengan paruh yang baru tumbuh itu ia harus mencabut satu persatu cakar-cakarnya dan ketika cakarnya baru saja tumbuh ia akan mencabuti bulu badanya satu demi satu. suatu proses panjang dan sangat menyakitkan.
Lima bulan kemudian bulu barunya sudah tumbuh, elang mulai dapat terbang kembali.dengan bulu cakar paruh dan pikiran baru ia sudah menjadi elang yang lebih dewasa dan dapat menjalani kehidupan elang dengan lebih baik, bahkan ketika baru 3 tahun bertranformasi itu elang menjadi penguasa daerah tebing itu.
Pesan yang dapat kita ambil untuk diri kita
Kehidupan muda kita memang enak, tetapi akankah kita akan terus muda? tidak…suatu saat kita akan tua, kita tidak akan terus bergantung pada orang tua kita, dan kita juga harus berguna bagi kita sendiri dan orang lain, kita harus rela meninggalkan perilaku lama yang tidak baik dan terus terbang keangkasa mencapai cita dan harapan kita. Hanya dengan melepas beban lama dan membuka diri untuk belajar hal baru yang baik maka kita akan mampu mengembangkan kemampuan dalam diri kita. dan halangan terbesar untuk berubah ialah keyakinan. Maka yakinlah kau akan menjadi sosok yang besar kelak teman…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar