Like if u like,,,,

16 Okt 2010

1. DAUR NITROGEN (N),DAUR KARBON (C) DAN OKSIGEN (O)

Nitrogen merupakan unsur yang diperlukan oleh setiap makhluk hidup. Nitrogogen tidak diperlukan dalam bentuk unsur melainkan dalam bentuk persenyawaan. Atmosfer bumi mengandung 79% nitrogen. Gas ini sulit bereaksi sehingga tidak dapat dimanfaatkan secara langsung oleh makhluk hidup. Di alam, Nitrogen terdapat dalam bentuk senyawa organik seperti urea, protein, dan asam nukleat atau sebagai senyawa anorganik seperti amonia, nitrit, dan nitrat.

Daur Nitrogen
Nitrogen di atmosfer bersenyawa dengan oksigen membentuk nitrat (NO3). Tumbuhan menyerap nitrat dari tanah untuk dijadikan protein. Ketika tumbuhan dimakan konsumer, nitrogen berpindah ke tubuh hewan. Urin, bangkai hewan, dan tumbuhan yang mati akan diuraikan oleh pengurai menjadi amonium dan amoniak. Bakteri nitrit Nitrosomonas mengubah amonium menjadi nitrit dan nitrat (Proses pengubahan amonium menjadi nitrit dan nitrat disebut nitrifikasi). Selanjutnya bakteri nitrat Nitrobacter akan mengubah nitrit menjadi nitrat. Nitrat akan diserap oleh tumbuhan.
Ada pula bekteri yang mampu mengubah nitrat atau nitrit menjadi nitrogen bebas di udara. Prosesnya disebut denitrifikasi.
Pada umumnya makhluk hidup tidak mampu memanfaatkan nitrogen secara langsung dari udara, namun ada yang dapat memanfaatkannya. Bakteri Rhizobisum yang bersimbiosis dengan kacang-kacangan membentuk bintil akar dan mampu mengikat nirogen dari udara.

2. DAUR KARBON (C) DAN OKSIGEN (O)
Unsur karbon diserap tumbuhan dalam bentuk CO2¬. Tumbuhan tidak dapat menyerapnya dalam bentuk gula atau zat tepung. Sebaliknya, hewan hanya dapat memanfaatkan karbon dalam bentuk persenyawaan organik. Unsur C dan O selalu terlibat dalam proses respirasi dan fotosintesis, yaitu dalam bentuk CO2 dan O2.

Daur Karbon dan Oksigen
Daur karbon diawali oleh penyerapan CO2 oleh tumbuhan, dan dijadikan persenyawaan organik, seperti glukosa, melalui proses fotosintesis. Selanjutnya glukosa disusun menjadi amilum. Amilum diubah menjadi senyawa gula yang lain, lemak, protein, dan vitamin. Pada pernapasan tumbuhan, dihasilkan lagi CO2 dan oksigen.

Hewan mendapatkan karbon setelah memakan tumbuhan. Tubuh hewan dan tumbuhan yang mati diuraikan menjadi karbondioksida, air, dan mineral oleh pengurai. Karbondioksida yang terbentuk dilepaskan ke udara.

Dalam ekosistem yang normal, terjadi keseimbangan antara daur karbon dan oksigen. Oksigen diserap hewan dan tumbuhan untuk oksidasi dan hasilnya berupa karbindioksida akan dilepaskan di udara. Karbondioksida ini digunakan oleh tumbuhan untuk fotosintesis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar