Like if u like,,,,

16 Okt 2010

Daur Belerang dan pospor

DAUR BELERANG (S)
Belerang (sulfur) merupakan unsur penyusunan protein. Tumbuhan mendapatkan belerang dari dalam tanah dalam bentuk sulfat. Di dalam tubuh tumbuhan, belerang digunakan sebagai bahan penyusun protein. Hewan dan manusia mendapat belerang dengan jalan memakan tumbuhan. Jika tumbuhan dan hewan mati, jasad renik akan menguraikannya menjadi gas berbau busuk yakni hidrogen sulfida (H2S) atau menjadi sulfat dan SO42-
Secara alami, belerang terkandung di dalam tanah dalam bentuk mineral tanah. Beberapa gunung berapi mengeluarkan belerang yang ditambang menjadi batangan belerang. Gas belerang dihembuskan ke udara. Belerang diudara juga berasal dari sisa pembakaran minyak bumi dan batu bara, dalam bentuk SO2. karena uap air hujan, gas tersebut berubah menjadi sulfat, yang jatuh di tanah, sungai, atau lautan. Lalu sulfat dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan dan ganggang air.
DAUR POSPOR (P)
Posfor merupakan elemen penting dalam kehidupan karena semua makhluk hidup membutuhkan posfor dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Fosfat), sebagai sumber energi untuk metabolisme sel.
Posfor terdapat di alam dalam bentuk ion fosfat (PO43-). Ion Fosfat terdapat dalam bebatuan. Adanya peristiwa erosi dan pelapukan menyebabkan fosfat terbawa menuju sungai hingga laut membentuk sedimen. Adanya pergerakan dasar bumi menyebabkan sedimen yang mengandung fosfat muncul ke permukaan. Di darat tumbuhan mengambil fosfat yang terlarut dalam air tanah
Herbivora mendapatkan fosfat dari tumbuhan yang dimakannya dan karnivora mendapatkan fosfat dari herbivora yang dimakannya. Seluruh hewan mengeluarkan fosfat melalui urin dan feses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar