Like if u like,,,,

15 Nov 2010

Perbedaan Pendekatan Ilmiah dan Penelitian Ilmiah

Perbedaan Pendekatan
adalah suatu model atau sistem pencarian dengan menggunakan dasar-dasar pemikiran atau landasan teoritis tertentu.

Penelitian ilmiah
adalah proses pengumpulan dan analisa serta interpretasi data yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan metode-metode ilmiah tertentu.

Perbedaan metode kuantitatif dan metode kualitatif

a. Metode penelitian kuantitatif

Metode kuantitatif dinamakan metode tradisional karena metode ini sudah cukup lama digunakan. Dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti populasi atau sample tertentu, teknik pengambilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan . Bogdan dan Taylor (1975) dalam buku Moleong (2004:3) mengemukakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.

b. Metode penelitian kualitatif
Metode kualitatif adalah metode penelitian naturalistik karena penelitianya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Metode ini berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang memandang realitas sosial sebagai sesuatu yang holistik atau utuh, komplek, dinamis, penuh makna, dan hubungan gejala bersifat interaktif. Penelitian dilakukan pada objek alamiah. Dalam penelitian kualitatif instrumenya adalah orang atau human instrument yaitu peneliti itu sendiri.

c. Perbedaan metode kuantitatif dan metode kualitatif
Untuk memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara lebih mendalam, maka harus kita harus mengetahui perbedaan keduanya. Perbedaan dari kedua metode tersebut meliputi tiga hal , meliputi perbedaan tentang aksioma, proses penelitian dan karakteristik penelitian itu sendiri.

Perbedaan aksioma

Aksioma merupakan pandangan dasar atau pemikiran utama pada penelitian kuantitatif dan kualitatif terdapat beberapa aksioma tentang realitas, hubungan peneliti dengan yang diteliti, hubungan variabel, kemungkinan generalisasi, dan peranan nilai.

Perbedaan aksioma antara metode kuantitatif dan metode kualitatif dilihat dari

1) Sifat realitas
Metode kuantitatif dapatdiklasifikasikan nyata teramati, dan terukur, sedangkan metode kualitatif bersifat ganda, holistik, hasil konstruksi dan pemahaman

2) Hubungan peneliti dengan yang diteliti
Metode kuntitatif bersifat independen, kebenaran itu diluar dirinya sehingga hubungan antara peneliti dengan yang diteliti harus dijaga jaraknya. Dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data, maka peneliti kuantitatif hampir tidak mengenal siapa yang diteliti atau responden yang memberikan data.
Sedangkan penelitian kualitatif, peneliti sebagai human instrument dan dengan teknik pengumpulan data observasi berperan serta dan wawancara mendalam. Maka peneliti harus berineraksi dengan sumber data , dengan demikian maka peneliti kualitatif harus memahami dan mengenal betul orang uang memberikan data.

3) Hubungan antar variabel
Peneliti kuantitatif dalam melihat variabel terhadap objek yanga diteliti lebih sebagai hubungan sebab akibat, sehingga dalam penelitianya ada variabel independen dan dependen. Sedangakan dalam penelitian kualitatif yang bersifat holistik dan lebih menekankan pada proses, maka penelitian kualitatif dalam melihat hubungan antar variabel pada objek yang diteliti lebih bersifat interaktif yaitusaling mempengaruhi sehingga tidak diketahui manavariabel independen dan dependennya.


4) Kemungkinan generalisasi
Pada penelitian kuantitatif lebih menekankan pada keluasan informasi sehingga metode ini cocok digunakan untuk populasi yang luas dengan variabel terbatas. Selanjutnya data yang diteliti adalah sampel yang diambil dari populasi.sedangkan penelitian kualitatif tidak melakukan generalisasi tetapi lebih menekankan kedalam informasi sehingga pada tingkat makna. Walaupun penelitian kualitatif tidak membuat generalisasi bukan berartihasil penelitian kualitatif tidak dapat diterapkan di tempat lain, hasil penelitian kualitatif dapat ditransferkan atau diterapkan pada tempat lain, apabila kondisi tempat tersebut tidak jauh berbeda dengan tempat penelitian.

5) Peranan nilai
Peranan nilai dalam kedua metode penelitian tersebut sangat signifikan. Dalam penelitian kuantitatif peneliti tidak berinteraksi dengan sumber data, maka akan terbebas dari nilai-nilai yangdibawa peneliti dan sumber data. Sedangkan penelitian kualitatif dalam pengumpulan data terjadi interaksi anara peneliti dengan sumber data. Dalam interaksi ini baik antara peneliti maupun sumber data memiliki latar belakang, pandangan, keyakinan, dan lain sebagainya sehingga dalam pengumpulan data, analisis, dan pembuatan laporan akan terikat oleh nilai-nilai masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar