Like if u like,,,,

20 Nov 2010

Faktor kecerdasan dalam Belajar dan Perkembangan anak

--------
Pada dasarnya Kemampuan manusia dapat dibedakan atas kemampauan intelektual dan non intelektual . bila ditelaah lebih jauh , prestsi belajar berkaitan dengan kecerdasan (intelegensi). Bahkan prestasi belajar sangat ditentukan oleh factor kecerdasan . Tylor(1974) menegaskan bahwa (Kecerdasn seharusnya tidak didefinisikan sebagai kemampuan belajar umum , melainkan kecerdasan itu secara jelas berkaitan dengan keberhasilan sekolah dan berbagai jenis prestasi hidup yang vtergantung pada pendidikan).

Perkembangan kecerdasan anak kiranya tidak dapat diragukan lagi bahwa intervansi sejak dini ( baik di keluarga maupun sekolah), memiliki sumbangan yang sangat berarti bagi perkembangan kecerdasan anak.

Laura E Beck (1994) mengemukakan dua hasilmyang memberikan dukungan terhadap pentingnya intervensi dini

1. bahwa proyek Head Start memiliki pengaruh yang minimal terhadap kecerdasan anak dan prestasi belajarnya . Dalam proyek ini subjek studinya berasal dari keluarga yang berekonomi rendah. Dan menurut temuan Jensen (1969) dinyatakan bahwa kecerdasn anak yang rendah pada keluarga miskin sebagian besar dipengaruhi oleh keturunan dan sangat sulit untuk diubah.

2. studi yang bersifat longitudinal yang dikoordinasikan oleh konsorsium hasil studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan perlakuan cenderung menunjukkan skor IQ dan prestasi lebih tinggi dari pada kelompok control dini pada dua smpai tiga tahun pertama di SD. Stephen Ceci (1990,1991) menegaskan bahwa kehadiran anak di sekolah secara tidak teratur menimbulkan pengaruh yang lebih besar terhadap IQ . Sebaliknya anak yang mendapat perlakuan di Sekolah lebih teratur akan mendapatkan kenaikan 10 hingga 30.

Bertittik tolak dari kondisi tersebut , Ceci (1991) menegaskan bahwa sekolah dapat berpengaryuh positif terhadap tingkat kecerdasan paling tidak melalului tiga cara yaitu:

Mengajari anak tentang pengetahuan factual sesuai dengan pertanyaan yang diujikan
mempromosikan ketrampilan memproses informasi, seperti strategi mengingat dan kategorisasi melalui item-item test dan mendorong sikap dan nilai yang mampu memelihara kinerja dan menyelesaikan tugas secra sucses, seperti mendengarkan dengan sungguh-sungguhb pertanyaan oerang dewasa(guru) , menjawab debgan ketentuan waktu, dan mencoba bekerja kera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar