Like if u like,,,,

11 Nov 2010

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK


Mengapa hubungan dengan teman sebaya bagi anak sangat penting ?
 Memudahkan anak bergabung kedalam kelompok
 Anak dapat Belajar mengelolah konflik
 Anak belajar untuk bekerja sama dengan orang lain
 Anak dapat Mengembangkan keterampilan sosialnya

Kategori popularitas anak berdasarkah hasil penelitian etnografis dan metode sosiometrik
 Anak yang populer
 Anak yang kontroversial
 Anak yang terisolasi
 Anak yang ditolak

Mengapa keterampilan sosial penting ?
Menurut penelitian, anak yang kurang keterampilan sosial menyebabkan :
• Sikap percaya diri dan kebanggaan diri (self esteem) rendah
• Kurang termotivasi di sekolah
• Kinerja akademik rendah
• Menyebabkan sifat agresi
• Anak menjadi kesepian
• Menjadi kecanduan media alektronik seperti TV dan game komputer.

Faktor-faktor yang menyebabkan anak mampu mengembangkan hubungan sosial yang kuat :
 Kepribadian yang ramah dan hangat,
 Intelejensi/Kecerdasan non verbal yang bagus,
 Orang tua yang responsif dan keadaan keluarga yang tidak ekstrim
 Kemiskinan juga telah ditemukan terkait dengan kurangnya ketrampilan sosial pada anak

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK DI SEKOLAH
 Salah satu cara untuk memperbaiki ketrampilan sosial anak adalah melalui pelatihan.
 William dkk (1993) menyarankan pelatihan sbb:
 melibatkan pelatihan (orang tua responsif, sebagai contoh guru anak) akan berbicara kepada anak mengenai bagaimana interaksi yang baik dengan teman sebaya.
 memfokuskan kepada melatih aktivitas dengan anak lain.
 pelatih dan anak akan mendiskusikan penggunaan konsep sosial selama aktivitas itu dengan anak.

Menurut William, Asher dkk, empat konsep dasar yang harus diajarkan dalam pelatihan ketrampilan sosial adalah:
1. Kerja sama 2. Partisipasi 3. Komunikasi 4. Validasi

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang guru di ruang kelas untuk membantu anak yang kurang percaya diri.
 mencoba menemukan apa saja minat, hobi, dan bakat dari anak yang tidak populer itu, yang dapat diiklankan kepada anak lain.
 mencoba mendorong mereka untuk membawa obyek yang terkait dengan hobinya ke dalam kelas dan membiarkan mereka memberikan presentasi seputar hobinya

Empat gaya pengasuhan orang tua terkait dengan perkembangan keterampilan sosial anak adalah :
 Orang tua yang permisif
 Orang tua yang Otoriter
 Orang tua yang otoritatif
 Orang tua yang tidak terlibat

Hal yang perlu dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan rasa percaya diri anak :
 Memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain dengan teman sebaya
 Mendorong anak untuk mengikuti kegiatan ekskul disekolah atau kegiatan tambahan lainnya
 Menemani anak bermain
 Memberikan perhatian kepada anak yang bermasalah dengan teman sebayanya dan memberikan solusi untuk anak.

Harapan…..
Anak-anak yang digegas… Menjadi cepat mekar… Cepat matang… Cepat layu…
Mengembangkan keterampilan sosial maka akan meningkatkan Emotional Question dan Intelektual Question pada anak

 Kasus yang pernah dimuat tentang kisah seorang anak pintar karbitan ini terjadi pada tahun 1930, seperti yang dimuat majalah New Yorker. Terjadi pada seorang anak yang bernama William James Sidis, putra seorang psikiater. Kecerdasan otaknya membuat anak itu segera masuk Harvard College walaupun usianya masih 11 tahun. Kecerdasannya di bidang matematika begitu mengesankan banyak orang. Prestasinya sebagai anak jenius menghiasi berbagai media masa. Namun apa yang terjadi kemudian ?
 James Thurber seorang wartawan terkemuka. pada suatu hari menemukan seorang pemulung mobil tua, yang tak lain adalah William James Sidis. Si anak ajaib yang begitu dibanggakan dan membuat orang banyak berdecak kagum pada bcberapa waktu silam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar