Like if u like,,,,

28 Okt 2010

Macam Penyakit Menular


Tuberculosis (TBC)
Penyakit ini dapat menyerang berbagai organ tubuh tetapi yang paling sering adalah paru-paru.
Gejala-gejala secara umum :
 Penderita pucat
 Badan kurus,
 Lemah,
 Cepat Lelah.
Pada tingkat berat penderita sering batuk dengan mengeluarkan dahak dan darah segar. Penyebab penyakit Tuberkulosis ialah sejenis basil yang disebut basil Tuberkulosis yang terdiri atas dua macam yaitu basil tbc manusia(type humanus) dan basil tbc sapi ( type bivinus) . Type humanus menyerang manusia dan type bivinus menyerang sapi tetapi bivinus dapat menyerang manusia melalui air susu sapi yang tidak memenuhi syarat-syarat kesehatan. Type buvinus ini menyerah usus manusia.

Influensa
Penyakit ini disebabkan oleh virus influensa yang dapat menyerang manusia dalam waktu 2-15 hari.
Gejala utama penderita merasa demam dan disertai panas dan dingin , kepala terasa sakit dan tulang sendi terasa nyeri hidung beringus, tenggorokan terasa sakit dan batuk-batuk dan perut terasa mual-mual.
Radang Paru-Paru
penyebab penyakit ini adalah sejenis bakteri yang disebut diclokakus penumaniae .
Gejala utama :
 Peraaan tidak enak badan
 Batuk pilek,
 Panas dingin ,
 Suhu tubuh dapat mencapai 39-40 derajat celcius bahkan lebih tinggi
 Sewaktu bernafas terasa nyeri dan sesak batuk kering kemudian berkembang menjadi berdahak warna merah kekuning-kuningan
Cara pencegahan:
Mejauhkan diri dari sumber penyakit misalnya jangan tidur dengan penderita. bila bersin atau batuk harus menutup mulut dan hidungnya dengan sapu tangan. ingus dan ludah jangan dibuang disembarang tempat. pada saat wabah berkecambung segera membersihkan lingkungan , jangan memakai alat-alat untuk memebersihkan badan secara bersama-sama, usahakan melakukan kesimbangan antara makan, kerja, dan istirahat untuk

Penyakit Difteri
Penyakit ini disebabkan oleh korea bakterium depterian yang beracun. gejala-gejala utama yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah panas badan tinggi terdapat radang pada tenggorokan, bagian luar dari tenggorokan memutih.

Penyakit Cacing Kremi
Penyakit ini disebabkan oleh jenis cacing yaitu oxyurivermikularis yang menular melalui mulut gelaja utama yaitu susah tidur, gatal pada alat kelamin, dan anus terutama pada waktu malam, nafsu makan dan berat badan menurun.
Pencegahan Penyakit Kremi.
 Memelihara kebersihan diri dan lingkungan, memelihara kebersihan makanan terutama makanana yang berupa sayur mentah (lalap).

Polio
Penyebab penyakit ini adalah virus yang menular kedalam tubuh melalui rongga hidung dan mulut yang masuk bersama makanan dan minuman. gejala utama suhu badan naik selama 2 hari, kemudian menurun disertai badan menjadi lemah dan tidak dapat digerakkan. bahkan ada beberapa otot yang terus lumpuh misalnya kaki mengecil.


Pencegahan Polio
 dapat dilakukan dengan pemberian vaksinasi kepada anak sehat., penderita dipisahkan dari anak sehat disertai pengobatan yang sungguh-sungguh.

Malaria
Penyebab penyakit ini adalah protozoa parasit (plasmodium). plasmodium ini banyak jenisnya antara lain plasmodium, plasmodium vivak, plasmodium malariae.gejala penyakit ini beraneka ragam menurut jenis plasmodiumnya.
Gejala secara umum :
 Demam yang menggigil disertai dengan panas dingin berganti-ganti (berkeringat) kepala pusing, perut mual.
Pencegahan terhadap penyakit malaria
dapat dilakukan dengan cara menghindarkan gigitan nyamuk antara lain :
1. memakai kelambu atau obat nyamuk jika akan tidur
2. membersihkan lingkungan sekitar seperti selokan, genangan air, pekarangan.

Penyakit Kuning
Penyakit kuning atau hepatitis penyebabnya adalah virus. berdasarkan cara penularan hepatitis dibedakan menjadi dua macam yaitu hepatitis infektiosa dan hepatitis serum. pada hepatitis infektiosa virus ditularkan melalui makanan dan minuman sedangkan hepatitis serum virus menular melalui darah. gejala-gejala: pada masa kuning, urin berwarna kuning kehitam-hitaman. pencegahan dapat dilakukan dengan cara vaksinasi hepatitis, menjaga agar tidak terjadi kontak langsung dengan penderita, misalnya berciuman dan bersentuhan, tidak menggunakan alat-alat makan dan minum yang biasa digunakan oleh penderita.

Ditulis dari banyak pengalaman
Oleh aji candra wiguna ( sogem )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar