Like if u like,,,,

27 Okt 2010

CONTOH LAPORAN HASIL KEGIATAN OBSERVASI KELAS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL



A. Tujuan Observasi
Observasi bertujuan untuk belajar dan mengetahui cara mengajarkan materi
IPS SD kepada siswa secara langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar.

B. Pelaksaan Observasi
Tanggal :

Sekolah : SD Negeri
Kelas : 4
Guru :
Jumlah siswa :
Waktu observasi : 09.00 – 10.00
C. Materi Pembelajaran
Standar Kompetensi :
Kompetensi Dasar :
Materi :

D. Kegiatan Pembelajaran
Sebelum melakukan proses belajar mengajar, guru membuat rpp yang disesuaikan dengan silabus. Dengan rpp tersebut guru melakukan kegiatan pembelajaran seperti dibawah ini:
1. Kegiatan Awal
a. Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
b. Presensi Kehadira siswa
c. Bertanya jawab tentang materi pertemuan sebelumnya.

2. Kegiatan Inti
a. Penyampaian materi oleh guru
b. Tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami
c. Mengerjakan soal yang ada dalam LKS
3. Kegiatan Akhir
a. Kesimpulan
b. Menyimak informasi materi pertemuan yang akan datang.
c. Menutup pelajaran dengan doa dan salam.

E. Metode
Metode yang diterapkan guru adalah ceramah,dan tanya jawab.Guru memilih metode dengan menyesuaikan materi yang diajarkan. Dengan metode yang diterapkan oleh guru diharapkan siswa dapat menerima dan mengerti tentang materi yang diajarkan.
F. Media
Dalam proses kegiatan belajar mengajar guru menggunakan buku paket,buku LKS,dan alat peraga yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Misalnya alat peraga yang digunakan guru dalam pembelajaran dengan tema ketertiban yaitu gambar – gambar rambu – rambu lalu lintas dan lain- lain. Alat peraga tersebut membantu guru dalam mengenalkan berbagai symbol rambu – rambu lalu lintas pada siswa.
G. Penanaman Nilai
Nilai – nilai yang ditanamkan melalui pembelajaran IPS adalah
a. Keberanian mengeluarkan pendapat/fikiran
b. Menghargai pendapat orang lain
c. Kejujuran
d. Dan lain- lain.
Setiap melakukan proses belajar mengajar, guru selalu memberikan berbagai nilai – nilai moral kepada siswanya walaupun secara tersirat.Dengan adanya penanaman nilai moral yang dilakukan guru, diharapkan siswa dapat menjadi warga negara yang memiliki moral yang baik,berakhlak mulia dan berguna bagi bangsanya.
H. Sikap Guru dalam Penyampaian Materi
Dalam menyampaikan materi IPS guru berbicara dengan suara yang teratur,maksudnya adakalanya guru berbicara dengan keras tetapi terkadang guru mengecilkan volume suaranya dengan maksud agar siswa mencoba memperhatikan apa yang sedang di ucapkan oleh gurunya.. Pada saat proses kegiatan belajar mengajar tersebut beberapa siswa ada yang aktif, tetapi ada juga siswa yang pasif hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja.Dalam hal ini tanpa mencoba menilai penampilan guru,tetapi hanya mengamati saja terlihat kemampuan guru dalam menguasai materi sudah sangat fasih dalam menjelaskan materi,walaupun dalam penguasaan kelas agak kurang maksimal.
I. Kesulitan dalam Menyampaikan Materi IPS
Dari wawancara yang saya lakukan,banyak guru kelas yang merasa kesulitan dalam mengajar materi IPS karena ada beberapa faktor,misalnya:
1. Kurangnya buku paket IPS dan alat pendukung pembelajaran
2. Sering berubahnya materi IPS sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
3. Mencari metode pengajaran yang bervariasi sehingga siswa tidak mudah bosan pada saat berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar IPS
4. Guru belum begitu menguasai pembuatan rpp.

J. Buku Ajar
Guru menggunakan buku ajar yang sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku (KTSP). Guru menggunakan buku paket BSE yang berjudul Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 1. Buku tersebut didapat dari bantuan BOS sekolah. Setiap proses belajar mengajar, siswa mendapat buku paket setiap dua orang siswa mendapat satu buku, tapi buku paket tersebut harus dikembalikan setelah pelajaran selesai. Selain itu, guru memiliki buku pendukung seperti LKS. Guru menganjurkan setiap siswa memiliki LKS tersebut.

6 komentar: