Like if u like,,,,

30 Nov 2010

gaya khas atasi emosi

Ketika seseorang mengalami sebuah peristiwa yang membangkitkan emosinya, maka masing-masing orang umumnya memiliki reaksi yang khas dalam menyikapi emosi tersebut.

John Mayer, seorang ahli psikologi, membedakan jenis-jenis kekhasan reaksi emosi itu menjadi tiga jenis, yaitu:

1) Sadar Diri
Orang yang memiliki tipe ‘sadar diri’ mengenal dengan tepat karakter diri mereka, sehingga mampu mengelola kondisi emosi mereka dengan baik. Keyakinannya kuat terhadap batas-batas yang mereka bangun. Ketika emosi negative muncul, mereka segera ampu menyadari dan menjaga diri agar tidak larut ke dalamnya. Inilah kemampuan penting yang dimiliki mereka yang berkecerdasan emosi tinggi.

2) Pasrah
Kesadaran akan perasaan-perasaan yang menguasai dirinya sudah tumbuh, namun mereka belum pandai melepaskan dirinya secara penuh dari pengaruh-pengaruhnya. Mereka cenderung pasrah menerima emosi apa saja yang menguasai diri, tak menghiraukannya dan berusaha mengubahnya. Walaupun akibatnya tak separah mereka yang ‘tenggelam’ namun kelompok ini perlu berlatih lebih banyak untuk bisa menguasai dirinya.

3) Tenggelam Dalam Permasalahan
Kelompok ini kurang pandai menguasai emosinya sehingga cenderung larut kedalam suasana hati yang dominan. Mereka tak mampu melepaskan diri dari pengaruh emosi-emosi dirinya, tak mampu mencari perspektif baru. Akibatnya, mereka sering merasa kalah dan tak mampu mengendalikan emosinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar