Like if u like,,,,

2 Apr 2011

KETERAMPILAN BERTANYA


keterampilan bertanya di bagi menjadi 2 keterampilan bertanya dasar dan lanjut. komonen keterampilan bertanya dasar terdiri dari beberapa komponen dasar yg harus diterapkan saat akan mengajukan pertanyaan sedangkan ketrampilan bertanya lanjut merupakan kelanjutan dan lebih mengutamakan pada usaha pengembanggan kemampuan berfikir siswa, memperbesar partisipasi dan mendorong siswa untuk berprakarsa sendiri.
alasan pentingnya keterampilan bertanya:
1.guru hanya mengunakan metode ceramah saja sehinga menempatkan guru sebagai sumber informasi dan siswa penerima informasi yang pasif.
2.untuk menghilangkan pandangan yang salah yang mengangap pertanyaan berfungsi untuk mengevaluasi hasil belajar siswa

dengan mengunakan keterampilan bertanya yang baik guru dapat:
1 membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu pokok bahasan
2 memusatkan perhatian siswa terhadap suatu pokok bahasan atau konsep
3 mendiagnosis kesulitan-kesulitan khusu yng menghambat siswa belajar
4 mengembangkan cara belajar aktif
5. mendorong siswa mengemukakan pandangannya dalam diskusi dan menguji serta mengukur hasil belajar siswa.


komponen-komponen ketrampilan bertanya dasar ADA 7 KOMPONEN
1. mengungkapkan pertanyaan secara jelas dan singkat
2. pemberian acuhan
3. pemusatan
4. pemindahan giliran
5. penyebaran
6. pemberian waktu berfikir
7. pemberian tuntunan

hal yang perlu diperhatikan dalam bertanya kehangatan dan keantusiasan

hal-hal yang di hindari bertanya
1. mengulangi pertanyaan sendiri
2. mengulangi pertanyaan dan jawaban siswa
3. menjawab pertanyaan sendiri
4. kebiasaan mengajukan pertanyaan yang memancing jawaban serentak
5. kebiasaan mengaju dan pertanyaan gandA
6. kebiasaan menunjuk siswa tertentu sebelum mengajukan pertanyaan-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar